Powered By Blogger

Wednesday, March 9, 2011

Nikmati Bahari Indonesia di Pulau Sempu.


Nikmati Bahari Indonesia di Pulau Sempu
Keindahan lain yang bisa ditemui di Pulau Sempu adalah bagaimana kita bisa berenang di air yang sangat jernih, bagi yang hobi snorkeling pun bisa dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang indah tanpa harus terseret gelombang.
Semakin banyak wisatawan yang terus mengeksplor keindahan alam negeri Indonesia maka semakin banyak pula tempat-tempat indah yang tidak pernah kita tahu sebelumnya. Pulau Sempu salah satu keindahan alam di tanah Jawa yang belum banyak diketahui masyarakat Indonesia.

Pulau yang berada di daerah Malang ini sedikit sulit dan jauh ditempuh meski lewat jalan darat. Wisatawan bisa berangkat pada malam hari dari Surabaya dengan memakan waktu perjalanan sekitar 3,5 - 4 untuk mencapai kawasan Pantai Sendangbiru, Kabupaten Malang. Selepas kota Malang dan melewati Kepanjen, dengan jalan tidak terlalu lebar, kita dimanjakan dengan pemandangan ladang luas dan sesekali melewati pedesaan.

Mendekati Sendangbiru jalan agak menyempit dan kemudian jalan beraspal habis tepat di Pantai Sendangbiru. Untuk menyebrang ke Pulau Sempu kita bisa menyewa kapal nelayan dengan harga Rp 100 ribu berkapasitas 15 orang.
Perahu nelayan untuk menyebrang Rp 100 ribu dengan kapasitas 15 orang
Keindahan lain yang bisa ditemui di Pulau Sempu adalah bagaimana kita bisa berenang di air yang sangat jernih, bagi yang hobi snorkeling pun bisa dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang indah tanpa harus terseret gelombang. Malah saking jernihnya, Pulau Sempu pernah menjadi tempat pembudayaan terumbu karang lho!

Di Pulau Sempu juga terdapat telaga yang disebut dengan Segara Anakan. Tempat ini lebih mirip telaga kecil yang dikelilingi batu karang tinggi guna membatasi diri dengan laut lepas, laut selatan atau laut Indonesia yang bergelombang besar.

Suplai air ke telaga ini berasal dari karang yang berlubang besar di tengahnya yang secara periodik menyajikan pemandangan indah dengan percik-percik air deburan ombak yang menghantam karang dan sebagian air itu mengalir masuk ke Segara Anakan.
melewati hutan saat menyebrang
Selain berenang dan ber-snorkeling di kolam raksasa ini, wisatawan juga bisa bersantai dengan bermain voli pantai. Pulau Sempu sangat cocok untuk wisatwan yang menyukai suasana alam asli yang jauh dari kebisingan kehidupan modern. Tapi untuk wisatawan yang ingin bermalam di sini harus sedikit kecewa karena tidak ada hotel atau penginapan di pulau ini. Wisatawan bisa menginap di rumah penduduk atau membawa tenda untuk berkemah. Sepertinya hal ini dilakukan oleh pemerintah agar Pulau Sempu tetap terjaga keasliannya. Selamat berlibur! (zet)

No comments:

Post a Comment